THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 17 Desember 2009

Karakteristik Warna Emas dan Tembaga

Logam biasanya berwarna abu-abu atau perak tergantung pada “electron sea”nya yang mampu menyerap dan memancarkan kembali foton di sekelilingnya, namun tembaga dan emas merupakan unsur logam yang mempunyai warna karakteristik dan alami.

Warna Khas Emas

Emas adalah unsur dalam tabel periodik yang mempunyai simbol Au(Aurum) dan mempunyai nomor atom 79. Emas merupakan salah satu unsur logam transisi yang dikenal dengan logam mulia. Emas juga termasuk unsur logam yang mempunyai warna. Namun Warna emas tidak sama dengan warna logam umumnya, logam emas berwarna kuning mengkilat dan tidak mudah pudar. Dari kekhasan warna yang ditimbulkan logam ini maka terdapat warna yang disebut kuning keemasan. Warna ini terdiri dari 87,5% kuning dan 12,5% merah. Koloid emas mempunyai warna tajam yaitu ungu. Warna emas disebabkan oleh frekuensi plasmon emas yang berlokasi di julat penglihatan. Hal ini menyebabkan warna merah dan kuning direfleksikan, sedangkan warna biru akan diserap


Warna Khas Tembaga

Tembaga merupakan salah satu unsur logam transisi yang berwaarna coklat kemerahan karena lapisan tipis yang pudar secara berangsur-angsur yang terbentuk pada permukaan ketika gas di udara bereaksi dengan tembaga itu. Tetapi, tembaga murni mempunyai warna merah jambu. Tembaga mempunyai karakteristik warna karena struktur ikatannya. Pada bentuk cair, permukaaan tembaga murni yang tidak terkena cahaya kelihatan seperti kehijauan, karakter yang serupa dengan emas. Ketika tembaga cair diterangi dengan cahaya, maka akan berwarna pink berkilau. Ketika tembaga dibakar dengan oksigen akan timbul oksida hitam.

0 komentar: